Madrasah Tsanawiyah Negeri 41 Al-Azhar Asy-Syarif Jakarta

Tentang Kami



“Terwujudnya Lembaga Pendidikan Bertaraf Internasional yang Dapat Melahirkan Kader Umat sebagai Proses Terbentuknya Masyarakat Madani.”


Sebuah lembaga pendidikan yang didirikan atas MoU antara Al-Azhar Asy-Syarif Mesir dengan Departemen Agama tanggal 17 September 1999 tentang penyelenggaraan pendidikan Al-Azhar Asy- Syarif di Indonesia yang memiliki karakteristik tersendiri di bidang keagamaan dengan berorientasi menghasilkan lulusan para Calon Ulama. 

Pada awalnya, lembaga ini secara resmi menyelenggarakan pendidikan tingkat dasar/Madrasah Ibtidaiyah pada tahun 2000. Berdasarkan keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 490 tahun 2001, Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Asy Syarif Indonesia telah resmi menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri di bawah pengawasan Kementerian Agama Pusat dan secara teknis pembinaan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta dan Kantor Kementerian Agama Kota Madya Jakarta Selatan. Kemudian pada Tahun 2013 Kementerian Agama Pusat bersama pihak Kanwil Provinsi DKI Jakarta dan Kankemenag kota Jakarta Selatan menyusun Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2675 Tahun 2013 Tentang Penetapan Penyelenggaraan dan Tata Kelola Pendidikan Madrasah Al-Azhar Asy-Syarif Indonesia yang akan digunakan sebagai pedoman di Ma’had Al-Azhar Asy-Syarif Indonesia. Di samping itu berdekatan dengan media pembelajaran bernuansa lokal, misalnya pusat kesenian Betawi Setu Babakan dan Islamic Center. Hal ini memberi alternatif bagi guru dalam pengembangan pendidikan secara langsung dengan media pendidikan.


VISI & MISI


A. Visi Madrasah

“Terwujudnya Lembaga Pendidikan Bertaraf Internasional yang Dapat Melahirkan Kader Umat sebagai Proses Terbentuknya Masyarakat Madani.”

Kami memilih visi ini untuk tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Visi ini menjiwai warga madrasah kami untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan sekolah.Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita madrasah yang:

  1. Berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian
  2. Sesuai dengan norma dan harapan masyarakat
  3. Ingin mencapai keunggulan
  4. Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga madrasah
  5. Mendorong adanya perubahan yang lebih baik
  6. Mengarahkan langkah-langkah strategis (misi) madrasah

Adapun indikator untuk mencapai visi tersebut adalah:

  1. Terwujudnya peningkatan prestasi akademik, non akademik tingkat internasional.
  2. Terwujudnya peningkatan/pengembangan tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi dan kualifikasi internasional.
  3. Terwujudnya peningkatan/pengembangan fasilitas pendidikan yang bertaraf internasional.
  4. Terwujudnya pengembangan isi kurikulum berstandar internasional.
  5. Terwujudnya peningkatan standar proses.
  6. Terwujudnya peningkatan standar kelulusan.
  7. Terwujudnya pengembangan standar penilaian.
  8. Terwujudnya peningkatan mutu kelembagaan.
  9. Terwujudnya pengembangan standar pembiayaan pendidikan.
  10. Terwujudnya pembelajaran berbasis ICT

Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas.


B. Misi Madrasah

1. Memenuhi peningkatan prestasi akademik, non akademik tingkat internasional

  1. Membuat program pembinaan bidang akademik dan non akademik.
  2. Meningkatkan pelatihan bidang akademik dan non akademik.
  3. Mengembangkan fasilitas pendidikan dan olahraga.

2. Memenuhi    peningkatan/pengembangan    tenaga    kependidikan    yang    telah memenuhi standar internasional

  • Meningkatkan    kemampuan     berbahasa    Arab    dan    Inggris    untuk tenaga pendidik dan administrasi.
  • Rekrutmen native speaker bahasa inggris
  • Meningkatkan  kemampuan  dalam  mengoperasikan  komputer  maupun internet bagi semua warga sekolah.
  • Meningkatkan kemampuan guru sesuai bidang yang diembannya.
  • Meningkatkan peranan wali kelas dan BK

3. Memenuhi    peningkatan/pengembangan   fasilitas   pendidikan   yang   bertaraf internasional.

  1. Membuat  program  untuk  mengembangkan  fasilitas  yang  berstandar internasional.
  2. Mengembangkan fasilitas utama sekolah, berstandar internasional.
  3. Mengembang fasilitas pendukung berstandar internasional.
  4. Pengadaan note book bagi setiap guru dan karyawan secara berkala

4. Memenuhi pengembangan isi kurikulum.

  1. Mengembangkan dan melaksanakan “Sistem Pendidikan Al-Azhar”
  2. Melaksanakan pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang bertaraf internasioal.
  3. Menyusun pengembangan silabus untuk semua mata pelajaran bertaraf internasional.
  4. Menyusun standar kompetensi internasional
  5. Menyusun    kompetensi    dasar    dan    indikator-indokator   berstandar internasional.
  6. Membentuk Tim Pengembang Kurikulum (Indonesia dan Al Azhar Asy Syarif)
  7. Mengoptimalkan penggunaan Lab. IPA, Bahasa dan Komputer
  8. Mengembangkan Contextual based Learning, Inquary based Learning, Problem Based Learning, Project Based Learning, Berbasis ICT, Remediasi dan Pengayaan;
  9. Memanfaatkan internet dan intranet sebagai sumber pembelajaran;
  10. Penyusunan pengembangan bahasa asing
  11. Memantapkan Pola belajar Tuntas
  12. Membuat adminitrasi pembelajaran
  13. Mewujudkan  mata  pelajaran  bahasa  Inggris,  matematika  dan  sains sebagai wujud dari pengembangan kurikulum internasional.
  14. Mengarsipkan seperangkat kurikulum internasional.